Monday, October 15, 2012

Analisa Fitur pada Aplikasi New Media

  SAP: Menganalisa fitur-fitur dari aplikasi new media yang ada dan cara menggunakanya, melalui kegiatan mencoba fitur dan kontent yang ada. Mencari contoh real dari penggunaan aplikasi tersebut (berupa cuplikan video, referensi artikel dsb.)

Salah satu aplikasi yang saya gunakan adalah Youtube.

    
Sekilas mengenai Youtube:
    YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.

Berikut ini beberapa fitur-fitur yang terdapat pada youtube:

  • Updated Video End-Screen : Saat selesai memutar video, layar video youtube didesain untuk menampilkan thumbnail dari rekomendasi video lain yang memiliki topik serupa.
  • Enhanced Playlist Bar : Untuk memberikan kenyamanan pengguna saat melihat konten dalam bentuk playlist video, update youtube menambahkan tampilan detail dari kumpulan video pada playlist tersebut pada bagian bawah layar. Hal ini akan mempermudah navigasi untuk melihat video berikutnya atau sebelumnya.
  • Updated Youtube.com/Chart page : Homescreen dari update youtube juga mengalami perubahan desain dan tata letak. Pada homescreen tersebut anda bisa menemukan pilihan most viewed (standard and HD), most liked dst.
  • Wevideo Now on Youtube : Meng-edit video langsung dari youtube adalah fitur rahasia terbaik pada youtube. Pada fitur ini kita dapat bisa menemukan berbagai aplikasi mengedit video di youtube. WeVideo adalah platform edit video berbasis cloud.
  • Youtube Localized in more Countries and languages : Dengan mengubah lokasi yang terdapat pada bagian paling bawah situs, pengguna bisa menemukan halaman youtube yang bersifat lebih lokal, seperti bahasa dan video populer pada masing-masing negara. sayangnya pada update ini youtube hanya menambahkan kenya, filipina dan singapura sementara indonesia masih belum ada dilist.
  • Smart Subscribe button : Tombol "subcribe" saat anda melihat video juga mengalami update dan menjadi lebih "pintar". Tombol ini akan memberitahukan apabila anda sudah "subcribe" pada channel dari video tersebut. Apabila anda belum tersubscribe, tombol akan tampil dalam bentuk standar.
  • Playback : anda dapat memutar video-video pada situs YouTube dengan bebas.
  • Upload Video : anda dapat mengupload video ke situs ini dengan batasan maksimal 15MB per video, namun apabila anda memiliki track record yang bagus ada kemungkinan YouTube akan menawarkan kapasitas upload yang tidak terbatas kepada anda.
  • Quality & Codecs : YouTube menyediakan range yang luas dalam kategori kualitas dan codec dari video-video yang terdapat di dalamnya.
  • 3D Video : saat ini YouTube telah menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk dapat mengupload video dalam format 3D.
  • Blur Faces : Mengamankan privasi pada tayangan video, Google menambahkan fitur baru di YouTube yakni fitur yang bisa memburamkan wajah. Dengan demikian, mereka yang terekam video dalam sebuah persitiwa, apalagi yang tidak disengaja, dapat terjaga privasinya. penambahan fitur ini menyusul hasil observasi para aktivis hak asasi manusia WITNESS akan pentingnya fungsi semacam itu pada layanan berbagi video. YouTube mencontohkan, video seperti peristiwa protes di Mesir beberapa waktu lalu, menampilkan banyak wajah warga maupun aktivis yang terlibat aksi kerusuhan yang mungkin mereka merasa keberatan. Selain itu, si pengunggah video juga bisa terhindar dari masalah, jika dalam video yang diunggahnya memiliki muatan sensitif yang seharusnya tidak diperlihatkan ke publik.


Referensi Artikel :

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews